Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo telah menerapkan Standar Internasional ISO 9001:2015 dalam rangka mengukur sistem administrasi dan dokumen organisasi.

Hal tersebut untuk mendorong akselerasi pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan fokus yang telah dijabarkan melalui visi dan misi pembangunan yang berbasis kependudukan dan lingkungan hidup.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Gorontalo, Jhon Rahman di Gorontalo, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya sudah tiga tahun menerapkan Standar Internasional ISO 9001:2015.

Penerapan tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan administrasi Kependudukan dan Pencatatan sehingga dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat dan peningkatan kinerja organisasi.

"Melalui penerapan Standar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, maka mutu pelayanan administrasi Kependudukan dan Pencatatan dapat dicapai secara konsisten juga bisa menjadi ukuran penilaian yang baik dari para masyarakat terhadap Sistem Manajemen Mutu yang diterapkan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Gorontalo,” jelasnya.

Manfaat penerapan sistem Mutu ISO 9001:2015 tersebut di antaranya adalah untuk perbaikan terhadap Sistem Manajemen Mutu atau standar pelayanan, perbaikan koordinasi dan kinerja antara pegawai dan pimpinan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, memperbaiki pandangan masyarakat, serta peningkatan kualitas mutu pelayanan yang cepat, akurat, profesional, santun dan tanpa imbalan.

"Intinya keungulan dari mutu ISO 9001:2015 ini yaitu mengatur dengan baik dan terukur pelayanan publik," ungkapnya.

Ia mengaku sebelumnya pihaknya sudah mengacu pada SOP, namun hasil yang didapatkan belum maksimal.

"Oleh sebab itu untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik kita menerapkan mutu ini dengan standar bahan baku, pengetahuan dasar manajemen standar dari tahun ke tahun tingkat evaluasinya lebih meningkat karena dokumentasi pelayanan terdokumentasi ganda, yakni tersimpan secara ekternal dan internal," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019