Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo menerima penghargaan dari pemerintah pusat atas capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan pengelolaan keuangan daerah.

Wakil Bupati Gorontalo Tonny Junus di Gorontalo, Minggu, mengatakan penghargaan tersebut diterimanya pada Jumat (12/9) di gedung Dhanapala Kementerian Keuangan.

Penyerahan penghargaan itu secara langsung oleh Wakil Presiden RI Boediono didampingi Menteri Keuangan Chatib Basri.

Ia mengatakan pemkab dinilai mampu menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2013, sehingga berhasil meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

"Penghargaan ini merupakan apresiasi yang sangat besar dari pemerintah pusat untuk pemerintah daerah yang dinilai sangat berprestasi dalam pengelolaan keuangan daerah," ujarnya.

Pemkab Gorontalo sejak 2009 secara berturut-turut menerima predikat WTP.

"Terbukti kita mampu meraih predikat WTP berturut-turut sejak tahun 2009, sehingga sukses tersebut diharapkan mampu dipertahankan sebagai komitmen bersama seluruh penegak integritas, khususnya para pengelola keuangan dan aset daerah," katanya.

Ia mengatakan kepercayaan masyarakat dalam menjalankan pemerintahan daerah sudah dibuktikan dengan berbagai prestasi atas pengelolaan keuangan daerah itu.

Kinerja yang baik itu, katanya, harus terus dipertahankan dengan memperhatikan perencanaan penganggaran, pemanfaatan dan pengelolaan, serta pertanggungjawaban secara berkesinambungan.

"Prestasi ini jangan membuat kita lalai, bahkan terlena sehingga tidak mampu lagi mengoptimalkan pengelolaan keuangan dan aset daerah, sebab jika hal tersebut terjadi maka tidak hanya kepercayaan publik yang akan hilang namun berdampak pada terhambatnya laju pembangunan daerah," katanya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014