Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw, di Gorontalo, Selasa, mengatakan, wilayah Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, sangat strategis memiliki pos pengamanan bersama khusus wilayah pesisir.

"Kami menginisiasi pembangunannya, dengan harapan pemerintah daerah memberikan dukungan melalui penyiapan lahan," ujar Danrem.

Menurut dia, satuan pengamanan bersama wilayah kedaulatan laut sangat penting, mengingat Gorontalo Utara merupakan daerah pesisir yang ada di beranda wilayah Indonesia Timur.

"Maka satuan pengamanan bersama itu sangat strategis ditempatkan di kabupaten ini," ungkapnya.

Ditunjang dengan satuan TNI yang lengkap, yaitu TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara, termasuk hadirnya Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla), Kepolisian dan Basarnas, maka pos pengamanan bersama akan memudahkan serta memperkuat pengamanan laut di wilayah Indonesia Timur.

"Pemerintah daerah cukup menyiapkan lahan, pembangunan pos akan dilakukan pihak markas TNI Angkatan Darat," tambahnya.

Ia berharap, inisiasi bersama itu akan mewujudkan pengamanan wilayah laut, termasuk kawasan pesisir khususnya di Gorontalo Utara.

Danrem menambahkan, rencananya pos pengamanan laut bersama itu, akan dibangun di wilayah Anggrek lama di Kecamatan Anggrek.
Tentunya pos tersebut akan melengkapi hadirnya pangkalan TNI Angkatan Laut di wilayah itu.
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019