Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wakil bupati (Wabup) Gorontalo Utara, Roni Imran, meminta kegiatan pramuka lebih produktif dalam menciptakan karakter bangsa, khususnya di daerah tersebut.

Hal itu ia ungkapkan pada Musyawarah Cabang (Muscab) II Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka tingkat kabupaten, di Hotel Maqna Kota Gorontalo, untuk memilih kepengurusan baru pasca berakhirnya kepengurusan periode 2007-2012 yang dipimpin ketua Kwarcab Gorontalo Utara, Thomas Mopili.

Menurut Wabup, pendidikan karakter akan mampu mencegah perilaku menyimpang, seperti tawuran di kalangan pelajar.

Sehingga ia berharap, Muscab tersebut menjadi wadah yang akan memilih pemimpin untuk menahkodai organisasi ini agar lebih solid, dibantu para satuan karya (saka) yang akan lebih memasyarakatkan kegiatan kepramukaan baik di lembaga pendidikan maupun lembaga kemasyarakatan di daerah ini.

"Saya berharap, kepengurusan yang baru akan merevitalisasi organisasi ini untuk lebih mengedepankan fungsi gerakan Pramuka, termasuk melakukan pembaharuan sistem pendidikan kepramukaan yang lebih inovatif dalam mendukung lahirnya generasi muda yang kuat, berkualitas, berprestasi dan mampu berperan aktif menyukseskan pembangunan di daerah ini," ujar Wabup.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Habibie mengatakan, Kwarcab Gorontalo Utara dinilai mampu dan sangat bersungguh-sungguh mendukung terwujudnya gugus depan terakreditasi.

Dibuktikan dengan keaktifan Kwarcab kabupaten ini, dalam mengikuti seluruh kegiatan kepramukaan di tingkat kwarcab dan kwarda, bahkan seringkali mampu mengutus keanggotaan yang lebih banyak dari daerah lain di setiap kegiatan yang diikuti.

Istri Gubernur Gorontalo yang terkenal aktif dalam kegiatan kepramukaan ini berharap, Muscab tingkat kabupaten tersebut mampu memilih pemimpin yang handal agar dapat memprogramkan kegiatan-kegiatan yang berdampak positif pada pembentukan karakter bangsa, khususnya generasi muda mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini.

"Pesan saya, ketua Kwarcab terpilih mampu menempatkan organisasi kepramukaan sebagai lembaga pendidikan pencetak generasi berkarakter dan tidak mencampur adukkan program kerja dengan kegiatan menyimpang termasuk tidak memanfaatkannya untuk kepentingan politik," ujar Idah.

Ia optimistis, organisasi Pramuka tidak akan dipandang sebelah mata, sebab Pramuka ada di hati seluruh masyarakat sebagai organisasi populer yang mampu melahirkan generasi-generasi muda handal dan berprestasi. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014