Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin, Rabu, mengatakan, jika pemerintah daerah tetap mempertahankan program pemberian penghargaan bagi para guru dan kepala sekolah berprestasi di daerah itu, berupa hadiah ibadah umroh.

"Program itu tetap berjalan sejak 2013 lalu, untuk memotivasi kinerja guru dan kepala sekolah di daerah ini," ujarnya.

Bupati mengatakan, peran guru sangat besar dalam meningkatkan sektor pendidikan di daerah itu. "Guru merupakan tulang punggung dalam mencetak generasi-generasi berprestasi, berkualitas dan berdaya saing tinggi, maka kinerja mereka pun patut diapresiasi tinggi." 

Hal yang sama berlaku pada para kepala sekolah, sebab mereka tidak hanya dituntut mampu mengelola terlaksananya kegiatan pendidikan.

Namun harus mampu berinovasi dalam menerapkan sistem pendidikan berkualitas yang mampu menghasilkan generasi berprestasi yang akan berperan dalam kemajuan daerah di bidang peningkatan sumber daya manusia.

Ia berharap, penghargaan-penghargaan yang diberikan pemerintah daerah di dunia pendidikan, akan memacu semangat kerja para guru, kepala sekolah dan seluruh elemen pendidikan di daerah itu.

Bupati pun menegaskan, pemerintah daerah melalui program beasiswa, menargetkan seluruh guru baik yang berstatus aparatur sipil negara (ASN) maupun guru tidak tetap (GTT) untuk memperoleh ijazah minimal strata 1 atau sarjana. "Saya berharap, mulai tahun ini kita sudah mampu menekan jumlah guru yang masih berijazah SMA," ujarnya.

Hal itu sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di daerah itu, mengingat kapasitas dan kapabilitas guru sangat penting dalam keberhasilan iklim pendidikan di daerah itu.
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019