Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara akan mengevaluasi pembangunan infrastruktur transportasi publik, sebagai bentuk dukungan pada pelayanan masyarakat, kata Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara, Roni Imran, Rabu.

Pada peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun 2014, kata wabup, harus menjadi ajang evaluasi pemerintah daerah terhadap ketersediaan infrastruktur pelayanan publik khususnya infrastruktur penunjang prioritas, seperti terminal.

Mengingat di kabupaten ini belum memiliki terminal yang dapat menunjang kebutuhan sarana transportasi publik, termasuk pengelolaan terminal yang telah ada, seperti di Kecamatan Atinggola.

Rencananya kata Wabup, tahun 2015 mendatang pemkab akan membangun terminal dengan total anggaran Rp1,5 miliar yang akan ditempatkan di pusat ibu kota kabupaten, di wilayah Molingkapoto, Kecamatan Kwandang.

Pembangunan infrastruktur perhubungan darat ini, ditargetkan untuk memicu pertumbuhan ekonomi baru dengan hadirnya terminal yang pengelolaannya direncanakan akan dipihak ketigakan, agar penataan terminal tertata baik sebagai terminal utama maupun transit kendaraan antar kota dan provinsi.

"Kehadiran terminal akan mendorong produktivitas perekonomian sektor riil, disamping menghilangkan terminal bayangan yang menjamur di pusat ibu kota ini," ujar Wabup.

Pemkab juga akan membangun akses jalan yang memadai menuju terminal tersebut, sebab rencananya akan berdekatan dengan pasar besar tradisional Molingkapoto.

Serta mengajukan permintaan bantuan kepada pemerintah provinsi untuk membangun jalan lingkar Labanu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo yang akan menghubungkan dengan wilayah Tolongio, Kecamatan Anggrek kabupaten ini, sehingga jalan baru tersebut akan meretas kemacetan menuju arah terminal.

Serta menghindarkan kejadian kecelakaan lalu lintas di jalur tanjakan Pontolo yang sering dilewati kendaraan kontainer bermuatan berat.

"Seringkali kejadian kendaraan terguling di puncak Pontolo akibat tinggi dan panjangnya jalur jalan Pontolo di wilayah ini," ujar Wabup.

Peringatan HUT Perhubungan Provinsi Gorontalo di kabupaten ini, dihadiri Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim sebagai inspektur upacara serta jajaran perhubungan dari kabupaten dan kota se-provinsi. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014