Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Kejaksaan Agung (Kejagung) RI diwakili Kepala Biro Perencanaan Bidang Pembinaan, Agus Riswanto, meninjau lahan pembangunan kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Gorontalo Utara, di lokasi perkantoran blok plan Molingkapoto, Kecamatan Kwandang, Rabu.

Didampingi Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin dan Kajari Kwandang, Rusmanto serta sejumlah pejabat pemerintah daerah dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Gorontalo, peninjauan dilakukan di lahan seluas tiga hektare yang bersebelahan dengan lahan persiapan pembangunan markas Kepolisian resor (Mapolres).

Bupati mengakui, pemerintah daerah sengaja menyiapkan lahan untuk pembangunan seluruh kantor instansi pemerintah daerah, termasuk Kepolisian, Kejaksaan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan perbankan dalam satu kawasan.

"Sebagai upaya merealisasikan pelayanan satu atap `one stop service` yang diharapkan terwujud di kabupaten ini," ujar bupati.

Ia berharap, lahan yang telah disiapkan tersebut segera diikuti dengan realisasi pembangunan kantor Kejari, agar lembaga yudikatif yang resmi definitif di kabupaten ini, segera menempati kantor yang representatif diikuti dengan pengisian struktur dan sumber daya manusia (SDM) yang akan menunjang kinerja pelayanannya.

Selama ini, status institusi tersebut di kabupaten ini masih sebagai Kejaksaan Cabang Negeri, sehingga pelayanannya masih terfokus di Kejari Limboto yang berada jauh dari kabupaten ini.

Sehingga pendefinitifan Kejari Kwandang diakui bupati sangat disyukuri pemerintah daerah, agar ke depan bisa menjalin kerja sama yang lebih intensif, diantaranya penyuluhan hukum di seluruh instansi pemerintah daerah, kecamatan hingga desa.

Agar tidak ada program-program pemerintah daerah yang berujung pada permasalahan hukum, sehingga menjerat aparaturnya.

"Keberadaan Kejari Gorontalo Utara, harus berdampak luas pada penuntasan kasus hukum di daerah ini, termasuk bersinergi dengan pemerintah daerah dan Kepolisian dalam memberikan penyuluhan hukum secara luas," ujar bupati.

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan Bidang Pembinaan Kejagung RI, Agus Riswanto, mengaku sangat mengapresiasi langkah pemerintah daerah dalam menyiapkan lahan pembangunan kantor Kejari Kwandang.

Ia mengaku, pihaknya akan segera mengurus kelengkapan administrasi untuk realisasi kantor yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pelayanan Kejari di kabupaten ini. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014