Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo memiliki komunitas Gowes Peduli Sampah yang misinya memelihara dan menjaga kebersihan di daerah itu.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou usai meresmikan sekretariat komunitas itu di Suwawa, Selasa, mengatakan keberadaan sekretariat dan gerakan itu harus dibentuk di masing-masing kecamatan.

"Saya akan menuntut tanggung jawab komunitas gowes untuk kebersihan di wilayah kecamatan maupun Dapil-nya masing-masing. Jadi ada kampanye bersepeda sambil membersihkan lingkungan sekitar kita," harap Hamim.

Ia juga mengatakan Bone Bolango bertekad untuk merebut kembali piala Adipura.

Di sisi lain, Bupati Hamim Pou mengungkapkan, pihaknya menggelorakan gowes maupun bersepeda sebagai bagian dari olahraga wajib di Bone Bolango.

"Jalan pagi, bersepeda, bersenam. Ini menjadi kewajiban bagi seluruh kita di Bone Bolango dalam rangka menjaga vitalitas dan kesehatan masyarakat," ujarnya.

Selain olahraga, Hamim juga meminta masyarakat agar selalu menjaga, merawat, dan memelihara lingkungan di sekitar, terutama sampah.

"Jangan hanya petugas kebersihan yang kerja untuk membersihkan lingkungan, itu tidak cukup. Mereka hanya 70 orang, maka dibutuhkan kesadaran dan peran serta masyarakat secara mandiri melakukan kegiatan-kegiatan pembersihan di lingkungan di sekitar rumahnya masing-masing," tegasnya.



Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019