Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo mengapresiasi inovasi pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat memberi perlindungan bagi para lanjut usia melalui gerakan pengumpulan seribu rupiah di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

"Ini inovasi yang sangat diharapkan dari Pemkab, sebagai bentuk keseriusan memberi perlindungan bagi masyarakat, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melibatkan para aparatur sipil negara (ASN) tanpa harus bergantung pada program yang dianggarkan melalui  APBD," ujar Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD setempat, Lukman Botutihe, di Gorontalo, Minggu.

Ia mengatakan, gagasan Pemkab melalui Wakil Bupati Thariq Modanggu, merupakan inovasi yang sangat cemerlang di bidang pelayanan publik yang diterapkan secara langsung.

Pemkab dinilai mampu melahirkan program-program inovasi yang sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Gagasan Wakil Bupati itu, tanpa harus membebani APBD sangat bermanfaat dalam memberikan perlindungan bagi para lansia, termasuk mendorong tumbuhnya rasa empati masyarakat, dimulai dari lingkungan pemerintah daerah.

Harapannya kata Lukman, gerakan ini akan mampu meningkatkan program perlindungan khususnya bagi para lansia nonproduktif dari keluarga kurang mampu, yang juga perlu mendapat perhatian serius.

Fraksi PAN pun akan menerapkan gerakan tersebut di lingkungan DPRD, sebagai salah satu bentuk kepedulian bagi masyarakat.

Lukman berharap, Pemkab melalui Bupati dan Wakil Bupati, akan terus melahirkan gagasan-gagasan cemerlang dan produktif dalam meningkatkan pelayanan publik yang akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kita perlu serius dalam membangun daerah bukan membangun pencitraan untuk kepentingan kontestasi politik yang masih jauh," ucapnya.

Secara khusus kata dia, fraksi PAN mendukung langkah Wakil Bupati yang terus mendekatkan pelayanan pemerintah daerah kepada masyarakat, melalui ide-ide inovasi yang langsung diterapkan.

"Gerakan ini perlu terus dilakukan dan didukung oleh seluruh elemen masyarakat, agar pemerintahan Bupati Indra Yasin dan Wakil Bupati Thariq Modanggu, benar-benar terlaksana sesuai harapan masyarakat dalam memenuhi janji-janji politiknya selama lima tahun masa kepemimpinan keduanya," ujar Lukman.* 



 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019