Gorontalo,  (A) - Asisten IV Kedeputian I Bidang Koordinasi Pengelolaan Pemilu Brigjen TNI Mardiono, mengatakan, pelaksanaan tahapan Pemilu 2014 di Provinsi Gorontalo berlangsung sukses.

"Pemlihan legislatif dan Pilpres Gorontalo secara umum berlangsung baik dan terlaksana dengan sukses. Kami berharap pemerintah daerah dan TNI/Polri tetap memelihara iklim yang kondusif ini hingga peralihan pemerintahan baru nanti," ujarnya pada rapat koordinasi yang dipimpin langsung Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Rabu.

Lebih lanjut Mardiono mengungkapkan, kedatanganannya bersama Tim ke Gorontalo untuk melihat dari dekat pelaksanaan Pileg dan Pilpres di daerah.

Pihaknya membutuhkan informasi dan laporan terkait pelaksanaan iven lima tahun itu. Hal itu dirasa penting sebagai bahan evaluasi nasional untuk merumuskan arah kebijakan untuk pemilu 2019 nanti.

"Ada beberapa provinsi yang menjadi prioritas kami, diantaranya provinsi yang memiliki kredibilitas baik. Itulah kenapa kami datang ke sini. Apakah benar pelaksanaan pemilu berlangsung baik? Selama beberapa hari nanti kami akan turun langsung ke masyarakat untuk mengumpulkan informasi itu," imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengemukakan, pelaksanaan Pemilu yang baik tidak terlepas dari peran semua pihak, baik pemerintah daerah, TNI/Polri serta masyarakat.

Rusli menilai kunci keberhasilan terletak pada koordinasi dan komunikasi yang baik antara semua pihak.

"Di Gorontalo koordinasi itu berjalan sangat baik. Saya dengan pak Kapolda atau pak Dandim berkoordinasi cukup melalui SMS, sehingga setiap potensi gangguan keamanan bisa segera kita antisipasi.� Masyarakat juga sudah sangat dewasa dalam berdemokrasi sehingga tetap menjaga keamanan dan ketertiban," puji Rusli.

Meski demikian, gubernur menyoroti tentang penyelenggara pemilu yang dinilai butuh banyak perbaikan.

Hal itu merujuk pada pelaksanaan pilkada Walikota Gorontalo beberapa tahun lalu di mana tiga dari lima anggota dipecat dari keanggotaanya.

Selain itu, juga pemecatan lima anggota KPU Kota Gorontalo yang baru bertugas beberapa bulan oleh DKPP.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014