Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo menyerahkan bantuan cadangan beras kepada masyarakat yang terdampak kekeringan di daerah tersebut.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Rabu mengatakan sebanyak 100 ton beras diberikan kepada masyarakat di Desa Haya-Haya, Padengo, Tunggulo dan Huidu.

"Dari 12.000 hektare lahan sawah di Kabupaten Gorontalo, 1.000 hektare diantaranya terkena dampak kekeringan, dan untuk kondisi ini membuat kami bergerak cepat," ujarnya.

Ia mengungkapkan jika musim kemarau dan kekeringan berimbas pada petani di Kabupaten Gorontalo sehingga mengalami gagal panen.

Untuk petani sawah yang gagal panen, Nelson mengatakan, pemerintah telah mengambil langkah dengan menyerahkan bantuan cadangan beras.

"Kami berharap apa yang kami berikan ini, di terima dengan rasa syukur, walaupun ini tidak seberapa yang di terima," ujarnya.

Nelson mengaku jika pihaknya akan mengusulkan sebanyak 500 ton beras lagi jika  jumlah 100 ton awal ini belum mencukupi, dan penyaluran beras itu akan dilakukan dengan baik.

Lebih lanjut, Bupati Nelson akan membantu dengan memberikan bibit bagi para petani yang mengalami gagal panen.

"Walaupun mengalami kekeringan namun masih ada beberapa petani yang berhasil, dan untuk petani yang gagal baik padi maupun jagung akan di erikan bibit serta beberapa alat pertanian lainnya," tambahnya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019