Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo, Sutrisno, Senin, mengatakan pihaknya menyalurkan bantuan benih cabai rawit melalui Kelompok Rumah Pangan Lestari (KRPL).

"Bantuan itu merupakan bagian dari pemberdayaan kelompok wanita tani (KWT) melalui Program Bunda Cinta Babe atau Ibu Rumah Tangga Cinta Budi Daya Ayam dan Cabai," katanya di Gorontalo.

Ia mengatakan pemprov akan menyinergikan program KRPL dengan program sosial Kantor Perwakilan BI Gorontalo dalam upaya mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan, serta pengendalian inflasi di daerah itu.

“Melalui program ini kami mengajak para ibu rumah tangga memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk pemenuhan pangan dan gizi keluarga, sekaligus untuk menambah penghasilan keluarga," katanya.

Ia menambahkan dengan program itu para ibu rumah tangga tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk ke pasar membeli cabai, cukup dipetik di halaman rumah.

"Jangan sia-siakan pekarangan rumah, karena bisa menjadi sumber bahan pangan kita," kata Sutrisno.

Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Zakiya Moh Baserewan menjelaskan pada tahun 2019 pihaknya menyalurkan bantuan cabai rawit, tomat, bawang, sayuran, dan buah kepada 75 KRPL yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.

“Setiap kelompok wanita tani yang anggotanya berjumlah 30 orang, masing-masing kami beri 10 polibag berisi benih cabai rawit, tomat, bawang, sayuran, dan buah. Budi daya tanaman hortikultura ini dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah,” katanya.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019