Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menggelar kegiatan grebek sampah atau Jumat bersih, memperingati  HUT ke-74 TNI.

Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu, di Gorontalo Utara, Jumat, mengatakan kegiatan tersebut layak ditingkatkan guna menciptakan lingkungan lebih bersih yang akan memberikan manfaat bagi kesehatan masyarakat.

Ke depan, kata dia, akan diusulkan berbagai program untuk menjaga kebersihan lingkungan, di antaranya inspeksi di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) dan pemberian penghargaan terbersih hingga terkotor. Tujuannya, agar timbul kesadaran dari tiap individu di OPD dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

Dia mengatakan pemkab juga akan mencanangkan peningkatan kegiatan pembersihan lingkungan, berupa Jumat Akbar, yang akan diikuti seluruh elemen masyarakat, termasuk TNI dan aparatur sipil negara (ASN), juga seluruh lembaga penyelenggara kegiatan, seperti bank dan lainnya.

"Kegiatan itu, dimaksudkan untuk membudayakan gerakan cinta kebersihan badan, cinta lingkungan kita sendiri," katanya.

Kali ini, kata dia, grebek sampah dilaksanakan dalam rangka HUT TNI, bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup setempat.

Ia berharap, kerja sama yang telah dijalin antara TNI dan Pemkab, akan terus berlanjut dan bermanfaat bagi kondisi dan lingkungan pemerintahan maupun masyarakat.

Wakil Bupati Gorontalo Utara berharap dengan mencanangkan slogan "Gorontalo Utara La Puputolo", akan terwujud daerah bebas sampah dan cinta kebersihan lingkungan.

Pemkab Gorontalo Utara menargetkan meraih penghargaan Adipura tahun 2020, melalui upaya menjaga kebersihan lingkungan di daerah itu.

Kegiatan tersebut, juga dihadiri Pasiter Kodim 1314 Gorontalo Utara, Lettu Inf. Edy Sriyanto.

Dia menyampaikan, dalam rangka HUT TNI, maka digelar salah satu program bidang teritorial, yaitu karya bakti dalam bentuk grebek sampah, pembangunan jalan dan program lain yang berkaitan dengan pengabdian kepada lingkungan dan masyarakat.

Untuk menjalankan program tersebut, maka TNI bekerja sama dengan instansi pemerintah dan masyarakat, seperti yang dilakukan bersama Dinas Lingkungan Hidup dan seluruh ASN di kabupaten itu.

TNI kata Edy, berharap agar kegiatan tersebut dapat terus berlanjut dan ditingkatkan.

Dia mengatakan pihak Kodim juga secara khusus mendukung program tersebut, untuk menciptakan lingkungan bebas sampah.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019