Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bone Bolango bersama penanggung jawab Sekretariat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabila melakukan studi banding ke Diskominfo Kota Bitung dan Diskominfo Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Bidang Komunikasi Diskominfo Bonebol Ismail Huntua mengatakan, dipilihnya Kota Bitung dan Kota Manado sebagai lokasi, karena di kedua daerah itu ada KIM-nya yang sudah maju dan berhasil memanejerial kelompoknya.

Bahkan lanjut dia, KIM-nya sering dipercayakan oleh Diskominfo setempat untuk mengikuti kegiatan-kegiatan pameran expo di Jakarta dengan membawa hasil produk kelompoknya.

"Jadi kami memilih kedua kota ini, untuk mengetahui lebih dekat dan ingin memperoleh informasi lebih detail lagi tentang pengelolaan KIM yang sudah maju di Kota Bitung berdasarkan referensi dari Kementerian Kominfo RI, termasuk juga di Kota Manado," ujar Ismail Huntua belum lama ini.

Dinas Kominfo ingin belajar dan mengadopsi serta mengikuti tata kerja KIM di kedua tempat tersebut, dan akan menjadi acuan dan poin penting untuk mengembangkan KIM yang ada di Bonebol.

"Kita akan fokus untuk lebih maksimal memberdayakan KIM. Paling tidak ke depan diharapkan akan ada beberapa KIM yang unggul dengan produk dan inovasinya," ujarnya.

Ia menambahkan, Dinas Kominfo akan mengarahkan KIM-KIM di Bone Bolango fokus dan memaksimalkan potensi kearifan lokal, dengan mengasilkan karya-karya yang bernilai ekonomis yang berdampak positif pada kesejahteraan anggota kelompoknya.

Pewarta: Adiwinata/Humas

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019