PT Pegadaian area Gorontalo memberikan edukasi kepada masyarakat melalui seminar tentang penting sertifikat tanah dan lahan untuk pengembangan usaha, serta peningkatan kesejahteraan, Kamis.

Deputi Bisnis PT Pegadaian Area Gorontalo, Agus Tokhid mengatakan seminar tersebut dilaksanakan untuk memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat tentang pentingnya sertifikat, sebagai dasar legalitas kepemilikan tanah dan lahan.

"Serta pemanfaatan aset sertifikat sebagai akses modal pendampingan usaha yang berdaya guna juga berhasil baik bagi pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) maupun masyarakat pada umumnya guna meningkatkan kesejahteraan taraf hidup," jelasnya.

Selain itu kegiatan tersebut juga untuk mendukung akselerasi program pemerintah dalam bentuk program sertifikasi Proyek Operasi Nasional Agraria (PRONA) yang dikembangkan lebih lanjut dengan program prioritas nasional yaitu Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Program ini memiliki peran penting dan strategis dalam rangka percepatan dan perluasan sertifikasi lahan bagi masyakat, guna menjamin kepastian hukum serta legalitas atas hak kepemilikan tanah yang sering kali menjadi pemicu terjadinya sengketa atau perselisihan atas lahan pada berbagai wilayah di Indonesia," ujarnya. 

Menurutnya, melalui akses pembiayaan pegadaian syariah dengan jaminan sertifikat tanah, komitmen PT Pegadaian Persero sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat melalui program sertifikasi tanah itu diwujudkan oleh managemen PT Pegadaian Persero melalui kerja sama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) tentang peluncuran layanan pembiayaan syariah.

"Yaitu pembiayaan syariah dengan jaminan sertifikat tanah guna memudahkan masyarakat yang telah memiliki sertifikat melalui program sertifikasi nasional tersebut mendapatkan akses pembiayaan dan permodalan untuk pengembangan usaha untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat," tutupnya.

Pewarta: Dian Bawenti

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019