Memperingati hari menanam pohon sedunia tahun 2019, Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) melaksanakan Seminar Nasional Biologi dan Sains (Sembiosis), Kamis , di Grand Q Hotel. 

Seminar Nasional dilaksanakan dengan tema literasi Biologi, dalam mendukung edukasi serta pemanfaatan sumber daya hayati yang berkelanjutan di era revolusi industri 4.0.

Panitia Pelaksana Dewi Wahyuni  mengatakan, Sembiosis dilaksanakan dengan mengangkat berbagai isu pendidikan, biologi terapan, dan botani.

Juga termasuk zoologi, genetika, lingkungan dan mikrobiologi yang berkembang saat ini.

Menurutnya, literasi sains khususnya dalam bidang biologi (Scientific Literacy Biology) didefinisikan sebagai pengetahuan dan penggunaannya untuk mengidentifikasi pertanyaan dan memperoleh pengetahuan baru.

Literasi juga menjelaskan fenomena ilmiah dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti sebagai pemahaman atas sains dan aplikasinya bagi kehidupan masyarakat.

“Literasi sains khususnya dalam bidang biologi diperlukan untuk menjawab tantangan di era revolusi industri atau di era pabrik cerdas, sehingga arah atau tujuan dari revolusi industri 4.0 dapat sejalan dengan penggunaan teknologi yang cerdas khususnya dalam mengolah sumber daya hayati yang berkelanjutan,” jelasnys.

Dekan Fakultas MIPA Astin Lukum, berharap seminar dapat membuka wawasan serta merangsang berbagai pengetahuan baru khususnya mengenai literasi Biologi. 

Semangat literasi diharapkan dapat mendukung penguatan proses pendidikan maupun penelitian yang berkualitas.**




 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019