Provinsi Gorontalo akan menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional dan Konferensi Nasional Kesejahteraan Sosial (KNKS) pada April 2020.

Sebagai persiapan awal, digelar rapat persiapan pembahasan teknis kegiatan Rakornas KNKS 2020 yang dipimpin Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Gorontalo Idah Syahidah di Gorontalo, Jumat.

“Karena ini adalah agenda nasional sudah seharusnya dari jauh-jauh hari harus dipersiapkan segala sesuatunya, dimulai dari sarana dan prasarana, lokasi tempat pelaksanannya, bentuk panitia, serta urusan pembiayaannya itu yang paling penting,” kata dia.

Ia menambahkan KNKS akan diikuti masing-masing provinsi dan organisasi, baik dari Dewan Nasional Indonesia Kesejahteraan Sosial Kemensos RI maupun lembaga atau organisasi sosial utusan daerah se-Indonesia.

“Jadi nantinya semua yang berhubungan dengan permasalahan sosial, LSM, kemungkinan besar akan dihadirkan," ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo Risjon Sunge mengatakan selain rakornas, juga akan digelar pameran UMKM, paket kunjungan wisata oleh peserta, serta penyerahan sejumlah bantuan kepada lansia, disabilitas, anak yatim, dan fakir miskin.

“Tentunya persiapan ini akan terus kita koordinasikan dengan pihak Kementerian Sosial dan juga Dewan Nasional indonesia. Perihal pembiayaan semua diserahkan ke panitia pusat, akan tetapi ada sebagian yang harus ditanggulangi oleh pemerintah daerah,” kata dia.

Puncak pelaksanaan Rakornas dan KNKS 2020 akan digelar di Auditorium Hotel Damhil UNG atau Aula Mes Haji Gorontalo.
 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019