Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengingatkan seluruh pemerintahan desa di daerah itu untuk memperkuat keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), khususnya jelang hari Natal dan malam pergantian tahun.

"Kami telah menggelar pertemuan dengan seluruh kepala desa di daerah ini, dua hal yang diingatkan yaitu kamtibmas dan narkoba," ujar Kepala Badan Kesbangpol Gorontalo Utara, Abdullah Bakary, di Gorontalo, Sabtu.

Menurut dia, daerah itu tergolong rawan mengingat rata-rata desanya berada di perlintasan Sulawesi.

Jika lengah, gangguan kamtibmas dapat terjadi kapan saja, termasuk narkotika dan obat-obat terlarang (narkoba) yang potensial masuk dari pintu darat, laut, bahkan udara.

Pemerintah desa diingatkan, sebab ada di garda terdepan pemerintahan daerah. "Jika pemerintahan desa kuat, stabilitas wilayahnya mampu terjaga, maka keamanan dan kenyamanan daerah ini akan terus terpelihara," ujar Abdullah.

Pihaknya pun terus mendorong penguatan kamtibmas dengan membangun sinergi antara forum koordinasi pimpinan daerah hingga kecamatan, serta masih akan menggelar rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk memperkuat kamtibmas jelang malam pergantian tahun.

"Direncanakan rapat tersebut akan digelar satu pekan atau H-7 hari Natal," ujar Abdullah.*

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019