Polda Gorontalo menyiagakan unit SAR sebagai langkah antisipasi cuaca ekstrem seiring tingginya curah hujan di sejumlah kabupaten di Provinsi Gorontalo.

Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Wahyu Widada di Gorontalo, Selasa, mengatakan pihaknya melakukan Apel Siaga Bencana Alam dengan memeriksa peralatan dan kesiapan personel Brimob Polda Gorontalo.

Wahyu memeriksa peralatan yang digunakan untuk penanggulangan bencana alam banjir, seperti perahu karet, jaket penyelamat,dan mobil SAR Brimob yang siap digerakkan saat dibutuhkan.

"Pengecekan ini penting dilakukan utamanya personel yang bertindak sebagai operator Mobil SAR dan yang mengawaki perahu karet, agar sewaktu-waktu terjadi banjir Unit SAR sudah siap untuk membantu masyarakat yang terkena dampak bencana," ujar Kapolda

Ia menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh personel Unit SAR yaitu agar bekerjasama dengan pihak terkait seperti BPBD dan Basarnas terkait penanggulangan bencana.

"Hal ini bertujuan untuk menjalin kerjasama yang baik guna mencapai tujuan bersama yaitu melakukan penanggulangan bencana alam," tegasnya.

Sementara itu, Dansat Brimob Polda Gorontalo Akbp Rantau Isnur Eka menjelaskan bahwa Unit SAR yang dimiliki oleh Satbrimobda Gorontalo baik personel maupun peralatan sudah siap apabila dibutuhkan.

"Siaga SAR ini dilakukan untuk pengecekan terhadap personel dan peralatan, yang nantinya siap di geser ke wilayah-wilayah rawan bencana," kata dia.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019