Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) "Mekar Kasih" Desa Tolongio, Kabupaten Gorontalo Utara, sukses tampil pada lomba Posdaya tingkat nasional di Surakarta, Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, dengan target juara nasional.

Ketua Posdaya Kabupaten Gorontalo Utara, Sufrizal Yusuf, Rabu, mengaku optimistis tiga orang penampil masing-masing, Misnawati Abubakar, Elvi Abdulwahab dan Yanti Mukmin, diyakini mampu meraih juara sebab telah sukses menggambarkan program Posdaya Mekar Kasih Tolongio di tingkat nasional.

Diantaranya, memaparkan keberhasilan program pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di bidang kewirausahaan, kesehatan, lingkungan, pendidikan dan bidang keagamaan.

Disertai bukti-bukti dokumentasi kegiatan dan grafik kenaikan capaian seluruh program yang sasarannya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan seluruh keluarga di desa tersebut.

"Sehingga pemerintah daerah optimistis kelompok Posdaya yang terbentuk sejak tiga tahun lalu ini, mampu meraih juara," ujar Sufrizal.

Tidak hanya memaparkan visi misi serta aktivitas Posdaya Mekar Kasih, Sufrizal yang dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan, ketiganya tampil memukau mengenakan pakaian adat dan riasan Gorontalo, dihadapan dewan juri dari Yayasan Damandiri Pusat.

Lomba ini kata Sufrizal, ikut memberi kesempatan yang besar bagi daerah kita untuk mempopulerkan Provinsi Gorontalo kepada daerah lainnya di Indonesia, khususnya potensi pariwisata di Gorontalo Utara.

Aktivitas Posdaya Mekar Kasih memang layak dipuji, sebab mereka tidak hanya sukses meningkatkan pemberdayaan keluarga khususnya peran ibu untuk ikut mendorong ekonomi keluarga yang berdaulat, kuat, mandiri dan sehat.

Namun berhasil menularkan aktivitas pembuatan produk-produk kerajinan tangan unggulan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki, seperti kue kering dan dodol kepada 107 desa lainnya di kabupaten tersebut, serta mampu menjaga sinergitas dengan pemerintah daerah, Perguruan Tinggi, perbankan dan elemen masyarakat di daerah ini.

"Termasuk berhasil menggalakkan semangat gotong royong "huyula" pada kegiatan suka dan duka di Desa Tolongio dan Kecamatan Anggrek," ujar Sufrizal.

Lomba Posdaya tingkat nasional diikuti 19 Posdaya dari seluruh Indonesia, diantaranya utusan dari Provinsi Gorontalo diwakili Posdaya Mekar Kasih Tolongio.

Penampilan Posdaya yang dipimpin Sufrizal ini, juga didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Habibie serta Wakil ketua Tim Penggerak PKK Gorontalo Utara, Erni Imran Arsad.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015