Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Kamis, berjanji warga Pulau Dudepo Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara akan segera menikmati listrik.

Rusli mengatakan pihaknya telah meminta kepala PLN Wilayah Sulutenggo untuk menyelesaikan desain menara jaringan listrik.

Ia berharap tahun ini Pulau Dudepo telah dialiri listrik secara merata.

"Kemarin saya telepon Kepala PLN, sementara di desain pemasangan lampu untuk Pulau Dudepo. Saya usahakan segera, agar masyarakat Dudepo bisa merasakan listrik. Kan aneh di depan pulau ada PLTU 2X25 Mega Watt yang sudah beroperasi, sedangkan masyarakat di Dudepo tidak menikmati listrik," tukasnya di Gorontalo, Kamis.

Kepala Bidang Energi dan Ketenagalistrikan Dinas Penanaman Modal Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Gorontalo, Rasam Sabaya menjelaskan proses perizinan pemasangan jaringan listrik di Pulau Dudepo telah selesai.

Saat ini sedang dilakukan rekayasa tinggi menara, dari yang sebelumnya diperkirakan hanya 40 meter berubah menjadi 60 meter.

"Ketinggian anjungan kabel dari permukaan air itu kemarin kami rancang 15 meter tapi karena itu juga akan jadi bagiannya pangkalan TNI AU, maka diminta lebih tinggi lagi. Jadi sekarang sementara di re-desain oleh PLN towernya, Insya Allah selesai tahun ini," ungkapnya.

Ia menambahkan Pulau Dudepo memang telah dialiri listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Namun menurutnya daya listrik yang dihasilkan masih terbatas, sehingga tahun ini dilakukan pemasangan listrik yang terinterkoneksi dengan jaringan PLN.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020