Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara membagikan 2.000 buah alat rapid test bantuan Pemerintah Provinsi Gorontalo ke 15 Puskesmas dalam upaya mencegah wabah virus corona jenis baru atau COVID-19 di daerah itu.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin di Gorontalo Jumat mengharapkan alat skrining untuk deteksi awal tersebut dapat segera digunakan khususnya bagi orang dalam pemantauan (ODP) yang diketahui datang dari luar Provinsi Gorontalo di wilayah pelayanan Puskesmas masing-masing tak terkecuali Puskesmas di wilayah kepulauan, seperti Puskesmas Ponelo Kepulauan.

Indra menjelaskan seluruh kepala Puskesmas telah melaporkan kondisi di setiap wilayah pelayanannya, seperti telah menyosialisasikan terkait pencegahan COVID-19, dengan langkah memutus rantai penyebarannya melalui perilaku hidup bersih dan sehat, rajin mencuci tangan, menggunakan masker saat keluar rumah, serta saling jaga jarak.

Penyerahan alat rapid test juga dirangkaikan dengan dialog bersama para kepala Puskesmas.

"Banyak hal saya dapati, terutama inovasi kepala Puskesmas dalam menyebarluaskan informasi melalui gerakan sosialisasi berkeliling menggunakan sarana mobil ambulans," ungkapnya.

Inovasi tersebut patut diapresiasi dalam upaya bersama mencegah COVID-19, tambah Indra.
Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, menyerahkan alat rapid test kepada para kepala puskesmas di daerah itu.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020