Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara, Roni Imran berharap daerah itu berinovasi untuk menciptakan produk khusus yang akan dikenal sebagai ciri khas daerah.

Wabup, Senin, mengatakan, kabupaten ini belum memiliki "branding" seperti produk makanan, buah-buahan maupun kerajinan tangan yang menonjol.

Produk tersebut harus dikenal luas, sehingga jika disebut di daerah lain maka orang akan langsung mengenalnya sebagai ciri khas Gorontalo Utara.

Misalnya, Gorontalo yang terkenal dengan ole-ole pia (kue kering isi cokelat, keju atau kacang hijau), Kota Manado yang terkenal dengan makanan khasnya tinutuan (bubur Manado) atau Palu yang terkenal dengan bawang goreng renyah.

"Pemerintah daerah ingin, Gorontalo Utara punya "brand" sebagai ciri khas, sehingga jika disebut di daerah lain ataupun wisatawan ingin berkunjung ke daerah ini, mereka ingin mengejar ciri khas tersebut," ujar Wabup.

Pemerintah daerah sedang berupaya mendorong pelaku usaha kecil dan menengah maupun elemen masyarakat di daerah ini, seperti remaja putri dan ibu rumah tangga untuk menciptakan produk khusus dan khas Gorontalo Utara.

Jika perlu akan dilombakan dalam sebuah kegiatan khusus, mengingat daerah ini memiliki karakter khas, kemampuan dan pengetahuan sumber daya manusia dan potensi melimpah.

Sehingga memiliki "brand" yang akan mencitrakan nama daerah ini, sebab sangat penting untuk lebih meningkatkan perekonomian daerah serta merebut pangsa pasar nasional maupun internasional.

Wabup berharap, akan tercipta inovasi-inovasi baru dan khusus, yang akan lebih "menduniakan" Gorontalo Utara.

"Saya sempat makan buah semangka manis dengan komedian terkenal Qomar, sayangnya saat beliau memuji manisnya semangka itu, ternyata bukan produk pertanian khas daerah ini, padahal kita memiliki potensi yang sama dengan daerah lain di bidang budidaya pertanian maupun pengembangan potensi agro wisata," ujar Wabup.

Pemerintah daerah melalui instansi teknis terkait, khususnya Dinas Perindustrian dan Dinas Pariwisata bekerja sama dengan organisasi perempuan PKK, akan berupaya mendorong inovasi-inovasi pengembangan potensi wilayah agar menjadi ciri khusus dari daerah ini.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015