Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo, David Bobihoe Akib, Rabu, mengatakan, lomba desa yang digelar setiap tahun oleh pemerintah daerah (pemda), dinilai efektif mendorong kemajuan daerah.

Indikator penilaian desa termasuk tampilan visual profil desa, akan merangsang pemerintah desa dan seluruh perangkatnya, untuk terus meningkatkan kemandirian masyarakat dan wilayahnya.

Penyelenggaraan lomba desa secara berkesinambungan, akan memacu peningkatan derajat kesehatan, pendidikan, keamanan, partisipasi masyarakat, serta kelembagaan termasuk mendorong peran aktif organisasi perempuan, seperti Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Serta memacu kemandirian ekonomi masyarakat, sebab kemajuan dan berbagai capaian di setiap tahun akan terkontrol dengan baik.

Dengan begitu, kebersamaan masyarakat dan seluruh perangkat desa akan tercipta.

Untuk tahun ini, pemda memberikan penghargaan kepada tiga kepala desa terbaik peraih juara lomba desa, yaitu Desa Payunga Kecamatan Batudaa, Desa Batulayar Kecamatan Bongomeme, dan Desa Tabongo Timur Kecamatan Tabongo.

Ditambah dengan penghargaan kelurahan terbaik, yaitu Biyonga.

Pemda berharap kata bupati, penghargaan tersebut dapat mendorong semangat dan memacu pemerintah desa dan kelurahan untuk bersaing menyelenggarakan pembangunan desa yang baik dan profesional.

Pewarta: Oleh Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013