Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pengurus Karang Taruna Kabupaten Gorontalo Utara berencana membentuk koperasi perikanan, yang akan dijalankan di seluruh kecamatan.

Ketua Karang Taruna Kabupaten, Sophian Rahmola, Minggu, di Gorontalo mengatakan, organisasi yang baru terbentuk beberapa bulan ini, ingin berperan aktif pada kegiatan pemberdayaan ekonomi kreatif dan koperasi.

"Diantaranya dengan membentuk koperasi perikanan yang merupakan potensi unggulan terbesar di kabupaten ini," ujarnya usai pembahasan program kerja karang taruna pada rapat kerja kabupaten (Rakerkab) pertama.

Sasarannya kata Sophian, koperasi perikanan akan menjadi wadah untuk mendorong pemuda dalam menggali potensi perikanan dan kelautan di daerah ini, melalui pengembangan usaha-usaha kecil dan menengah.

Sehingga kerja nyata karang taruna sebagai organisasi kemasyarakatan dapat membantu program pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan membentuk koperasi perikanan, kami optimistis dapat menumbuhkan kecintaan pemuda dalam memajukan sektor unggulan di daerah ini," ujarnya.

Ia menambahkan, program-program yang disusun karang taruna tidak sekedar dalam lingkup sosial saja, namun bersinergi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya, dalam rangka mengimplementasikan peran pemuda sebagai pilar pembangunan.

"Karang Taruna harus bergeliat sebagai organisasi yang lahir dari bawah, sehingga perannya dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di daerah, akan berujung pada pengembangan potensi sumber daya alam yang tersedia," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015