Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo menargetkan merchant QRIS mencapai 31 ribu pada tahun 2021 ini setelah pada tahun sebelumnya telah mencapai 15 ribu.

Kepala Kpw BI Gorontalo, Budi Widihartanto di Gorontalo, Senin, mengatakan pihaknya menargetkan pada 2021 menjadi 31 ribu merchant, sekaligus mendukung target 12 juta merchant secara nasional.

"Bank Indonesia akan terus mendorong digitalisasi ekonomi dan keuangan, salah satunya melalui akselerasi 12 juta merchant QRIS di tahun 2021," ujar Budi.

Ia menegaskan jika kondisi pandemi yang masih belum reda, membuat transformasi digital semakin penting, terutama dari sisi pembayaran sejalan dengan arahan Presiden RI dan dalam membantu pemulihan ekonomi nasional.

Kpw Bi Gorontalo mencatat jumlah merchant pengguna QRIS di Provinsi Gorontalo hingga bulan Desember 2020 mencapai 15.657 yang terbagi di lima kabupaten dan satu kota.

"Untuk Kota dan kabupaten Gorontalo jumlah merchant sebanyak 11.792, Kabupaten Boalemo 838, kabupaten Gornotalo Utara 668, kabupaten Bone Bolango 838 dan Kabupaten Pohuwato 766.

Target pencapaian merchant QRIS di Gorontalo tahun 2021 meliputi ekosistem Pemerintah Daerah,khas daerah, seperti kuliner dan kerajinan, ekosistem pendidikan keagamaan, pasar tradisional, ekosistem TNI dan Polri, ekosistem warung dan BUMD serta korporasi besar daerah.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021