Pelaksana harian (Plh) Bupati Gorontalo, Hadijah U Tayeb mengatakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kecamatan Tilango, harus dapat menurunkan angka kemiskinan di daerah itu.

"Musrembang RKPD adalah satu kewajiban pemerintah kecamatan untuk dilakukan, karena akan diramu, disaring dan dilakukan pengurutan sesuai kebutuhan usulan dari hasil musrembang desa," ujarnya di Gorontalo, Rabu.

Menurut Hadijah, satu kewajiban dalam penyusunan program kegiatan memperhatikan visi misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2021-2026 untuk pengentasan kemiskinan.

"Karena pada 2016-2021 periode pertama Bupati Nelson Pomalingo berhasil menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Gorontalo, yang dari 23 persen menjadi 17,2 persen, maka yang harus dilakukan ke depan adalah melakukan program kegiatan dalam kesejahteraan rakyat dan menuntaskan kemiskinan di Kabupaten Gorontalo," jelasnya.

Ia berharap pada tahun 2022 nanti, minimal 6 hingga 7 persen angka kemiskinan bisa turun. 

"Maka di saat periode 2021-2026 selesai kita bisa mencapai penurunan kemiskinan di Kabupaten Gorontalo mencapai 10 persen, sehingga sudah mendekati angka nasional," kata dia, lagi.

Sementara itu Camat Tilango Ikram Hurudji menambahkan, memang ada beberapa program kegiatan yang digeser pada tahun anggaran 2020 dan diusulkan kembali pada Musrembang tahun 2021.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021