Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan saat ini produk UMKM lokal daerah itu mulai dipasarkan di gerai ritel modern seperti Indomaret dan Alfamart.

"Saya meminta produk lokal UMKM Bone Bolango ada di toko modern. Kopi Pinogu, gula aren Bulango Ulu, Insya Allah kini sudah bisa ditemukan dan dipasarkan di toko modern," ujarnya di Gorontalo, Sabtu.

Hamim mengaku jika ia telah melakukan penandatanganan kerjasama antara Pemkab Bone Bolango dan manajemen Indomaret.

"Saya meminta seluruh Indomaret atau toko-toko modern lainnya, termasuk gerai Alfamart yang ada di Bone Bolango harus menyiapkan gerai untuk produk-produk lokal UMKM Bone Bolango," pintanya.

Hal itu dilalukan agar UMKM di daerah itu juga bisa hidup dan banyak tercipta lapangan kerja, karena UMKM itu mempekerjakan banyak orang. Dengan demikian roda ekonomi turut berputar.

"Jadi Kopi Pinogu sudah bisa kita temukan ada di toko moderen. Termasuk gula aren Bulango Ulu, Kopi Gabulu, minyak kampung, dan beras, serta kuliner lainnya asli Bone Bolango. Seperti halnya produk UMKM berupa makanan ringan akan ada di Indomaret," kata dia, lagi.

Sementara itu, terkait dengan pembangunan gerai Indomaret dan gerai Alfamart di wilayah Bone Bolango, lanjut Hamim, itu akan dibatasi.

"Sekarang kita sudah putuskan untuk Indomaret delapan gerai dan Alfamart delapan gerai," bebernya.

Ia juga meminta untuk pembangunan gerai Indomaret dan Alfamart tidak menumpuk di satu tempat. Dirinya tidak ingin Bone Bolango seperti kota-kota lainnya, pembangunan gerai Indomaret dan Alfamart menjadi tidak terkendali hingga merusak tata kota dan tata ruang.

"Kalau Indomaret dan Alfamart mau membangun gerainya lagi, itu ke arah Bone Pesisir. Tetapi sekali lagi, saya tegaskan harus ikuti dan patuhi prosedur perizinan. Jangan membangun gerai bersebelahan atau berhadap-hadapan," tegasnya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021