Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo menyerahkan Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Dutulanaa.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo di Gorontalo, Minggu, mengatakan bantuan untuk program tersebut senilai Rp1 miliar.

Ia mengaku, sejak tahun 2017 Program Kotaku dikembangkan secara bergulir dan dirasa sangat penting karena akan berdampak pada daerah dan lingkungan masyarakat.

"Jika sarana sanitasi dan lingkungan bersih, maka masyarakat pun akan ikut sehat," tutur Nelson.

Nelson menjelaskan, Program Kota Tanpa Kumuh atau Kotaku adalah satu dari sejumlah upaya strategis Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh.

Serta mendukung “Gerakan 100-0-100”, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Sementara itu, Ketua BKM Pilar Dutulanaa, Suharto mengatakan, selama dua tahun berturut-turut Kelurahan Dutulanaa telah mendapatkan bantuan program Kotaku. 

Bantuan Rp1 miliar tersebut akan dikelola oleh dua kelompok yakni, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Pilar dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Amanah.

"Dana itu akan membiayai pembangunan drainase, MCK, Instalasi Pembuangan Air Limbah dan pembuatan jalan paving blok," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021