Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gorontalo menargetkan melakukan uji berkala bagi 5.250 kendaraan selama tahun 2021.

Kepala Dinas Perhubungan, Ruslan Tatu, di Gorontalo, Kamis, mengatakan hingga Agustus 2021 sudah 4.522 kendaraan yang telah diuji.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah melakukan penandatangan nota kesepahaman mengenai akreditasi Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXI Provinsi Gorontalo.

"Pelaksanaan kerja sama ini didorong oleh peningkatan akreditasi untuk pengujian kendaraan bermotor di Kabupaten Gorontalo," katanya.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan pemerintah daerah memiliki fasilitas gedung maupun peralatan yang harus ditingkatkan akreditasinya.

Sebab, kata dia, daerah tersebut memiliki jumlah kendaraan terbanyak di Provinsi Gorntalo serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan perkiraan Rp600 juta yang masuk.

Namun, kata dia, bila dilakukan perbaikan maka kemungkinan bisa meningkat hingga Rp1 miliar.

"Pemerintah daerah belum memiliki peralatan yang memadai sebab itulah mengapa kerja sama ini dilakukan," ujar dia.

Saat ini, Dinas Perhubungan Kabupaten Gorontalo masih berakreditasi C, dengan harapan bisa meningkat menjadi akreditasi A, sehingga pegujianya bisa tepercaya dan mendorong peningkatan PAD.

“Sarana prasarana, sumber daya manusia, dan sistem pelaporan Dinas Perhubungan harus diperbaiki," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021