Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo Indra Yasin di Gorontalo, Jumat, menyatakan ritual mandi Safar menjadi andalan wisata budaya di daerah itu.

Ia mengatakan ritual tersebut diselenggarakan satu tahun sekali dan selalu dinanti masyarakat lokal maupun dari luar daerah untuk menyaksikannya, bahkan ikut mandi bersama di sungai maupun pantai.

Pemerintah daerah rutin menggelar mandi Safar juga untuk menolak bencana (tolak bala). Sebelum ritual mandi digelar, masyarakat dipimpin imam, dihadiri tokoh adat, pejabat pemerintah, dan doa bersama. Doa untuk meminta pertolongan Tuhan agar seluruh bencana, baik yang menimpa tumbuh-tumbuhan, menyerang hewan, manusia, tidak akan terjadi.

Tahun ini, pelaksanaannya menyesuaikan kondisi di masa pandemi COVID-19, namun tetap dipusatkan di Sungai Andagile, Desa Buata, Kecamatan Atinggola.

Di tengah lesunya kunjungan pariwisata, ritual mandi Safar yang tetap dipertahankan ini, kata Indra, diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan ke daerah itu. Pemerintah daerah terus meningkatkan infrastruktur untuk menunjang  atraksi wisata budaya itu, seperti pembangunan jalan ke lokasi wisata di sepanjang Desa Buata dan Posono serta membangun tanggul pengaman di sepanjang Sungai Andagile.

"Alhamdulillah kami mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan Balai Sungai wilayah Sulawesi untuk mewujudkan pembangunan tanggul pengaman tersebut. Harapannya agar setiap orang yang datang berkunjung merasa aman, nyaman dan menikmati pesona wisata di sepanjang Sungai Andagile," ucapnya.

Mandi Safar juga digelar masyarakat di Desa Buloila dan Hutokalo, Kecamatan Sumalata.

Camat Sumalata Osna Haluti mengatakan masyarakat berlomba-lomba mempertahankan budaya tersebut. "Alhamdulillah pemerintah daerah mendukung, sehingga kearifan lokal ini bisa terselenggara untuk menarik kunjungan wisata di wilayah barat ini," katanya.

Pemerintah kecamatan, kata Osna, berinovasi menyahuti keinginan masyarakat agar budaya tersebut dapat lestari di tengah upaya meningkatkan promosi wisata bahari yang diperjuangkan pemerintah desa di sepanjang wilayah pesisir itu, sebab di sepanjang pesisir pantai pasir putih itu cukup indah.

"Pekerjaan rumah (PR) kami adalah membangun kebersamaan untuk mengembangkan objek wisata bahari ini. "Kita berupaya dan berinovasi untuk mempopulerkan objek wisata ini, selain membuat perencanaan strategis dalam mengembangkan potensi pariwisata di daerah ini," ujarnya.

Ia mengaku terus memacu semangat pemerintah desa di wilayah barat tersebut untuk terus berupaya mengembangkan potensi pariwisata yang dimiliki. Apalagi, untuk berkunjung ke wilayah itu akses jalan di sepanjang lintas Sulawesi tersebut sudah sangat baik dan lancar.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021