Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara menyalurkan sebanyak 374 ekor hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1436 hijriyah tahun 2015 ini.

Pejabat pelaksana harian (Plh) Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab setempat, Olvin Uno, Selasa, di Gorontalo mengatakan, hewan kurban tersebut dikumpul dari seluruh instansi, pihak swasta maupun masyarakat di 11 kecamatan.

Berdasarkan data pihaknya, ratusan hewan kurban tersebut masing-masing 40 ekor sapi berasal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab, 54 ekor sapi dari Kecamatan Kwandang, 33 ekor sapi dari Kecamatan Atinggola, 20 ekor sapi di Kecamatan Gentuma.

23 ekor sapi dari Kecamatan Sumalata, 44 ekor sapi dari Kecamatan Sumalata Timur, 4 ekor sapi Kecamatan Ponelo Kepulauan, 18 ekor sapi Kecamatan Monano, 43 ekor sapi Kecamatan Anggrek, 10 ekor sapi Kecamatan Biawu, 47 ekor sapi di Kecamatan Tolinggula dan 20 ekor sapi di Kecamatan Tomilito.

Sedangkan dari pihak swasta terkumpul 6 ekor sapi dan instansi vertikal sebanyak 12 ekor sapi.

Pemerintah Daerah melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) setempat kata Olvin, sudah melakukan pemeriksaan hewan kurban di seluruh wilayah, untuk memastikan kesehatan dan keamanan seluruh hewan yang akan disembelih.

Pemkab mengagendakan pemotongan hewan kurban di masjid Agung Baiturrahim Moluo, Kecamatan Kwandang sekaligus menjadi lokasi pelaksanaan sholat Idul Adha oleh Bupati Indra Yasin dan Wakil Bupati Roni Imran.

Penyerahan bantuan hewan kurban pun akan diserahkan Bupati dan Wakil Bupati secara simbolis setelah pelaksanaan sholat Idul Adha, untuk selanjutnya serentak dilakukan di seluruh pusat kecamatan.

Olvin memastikan, jumlah hewan kurban tersebut masih akan bertambah, mengingat pihaknya belum mengantongi data pasti jumlah hewan termasuk kambing yang tersebar di seluruh kecamatan. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015