Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo mengamati kualitas air minum rumah tangga tahun 2021 pada bulan November nanti.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, dr. Meyrin Kadir di Gorontalo, Kamis, mengatakan untuk pelaksanaan pengamatan tahun 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Untuk surveilans kualitas air minum rumah tangga tahun ini berbeda dengan tahun 2020 yang hanya empat blok sensus, di tahun 2021 seluruh Puskesmas melaksanakan kegiatan dan sanitarian menjadi enumerator pengambilan sampel," ujarnya.

Ia menjelaskan, masing-masing Puskesmas, dua desa menjadi sampel dan di tiap desa ada lima sampel. Total sampel untuk satu Puskesmas ada 10 sampel. Jadi keseluruhan sampel Kabupaten Bone Bolango berjumlah 200.

Menurut Meyrin Kadir, untuk mencapai SDG’S target 6.1 dalam pemenuhan kualitas air minum yang aman serta meningkatkan kualitas lingkungan, maka perlu memiliki base line data penyelenggara air minum baik institusi, komunal, depot air serta penyelenggara air minum dalam kemasan.

Untuk itu, kata dia, Direktorat Kesehatan Lingkungan bersama pusat upaya kesehatan masyarakat Badan Litbangkes menyelenggarakan kegiatan Studi Kualitas Air Minum di Rumah Tangga (SKAM RT) dengan tujuan diperolehnya data dan informasi tentang kualitas air minum di tingkat rumah tangga yang akan dijadikan acuan base line indikator keberlanjutan.

Parameter yang digunakan dalam kegiatan SKAM RT ini meliputi parameter fisik (suhu, TDS), parameter mikrobiologi (Escherichia Coli, Total Coliform), parameter kimia (Nitrat, Nitrit, Krom Valensi 6).*

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021