BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Gorontalo bersama Pemerintah Kota Gorontalo memperkuat komitmen perlindungan pekerja di sektor formal dan informal melalui Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek)

Komitmen kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama terkait dengan sinergitas penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) di Kota Gorontalo.

Penandatanganan kesepakatan bersama itu, masing-masing dilakukan oleh Kepala BPJamsostek Cabang Gorontalo Hendra Elvian dan Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, di rumah jabatan Wali Kota itu di Gorontalo, Rabu.

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha mengatakan, pihaknya banyak melakukan kesepakatan atau penandatanganan MoU antara lembaga-lembaga pemerintah, baik vertifikal maupun yang ada di daerah dalam rangka untuk membangun sebuah kolaborasi dan sinergitas di dalam pelaksanaan kebijakan dan program pemerintah daerah.

"Salah satunya dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo, yang memang selama ini kita sudah bersinergi dan berkolaborasi di dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan," kata Marten Taha.

Ia menuturkan, penandatanganan MoU ini sebagai bentuk memperkuat komitmen Pemerintah Kota Gorontalo dengan BPJS Ketenagakerjaan agar program Jamsostek bisa bermanfaat bagi masyarakat Kota Gorontalo.

Tentunya menurut marten, menjadi tugas pemerintah bahwa jaminan sosial ini merupakan hak dasar daripada para pekerja, sehingga kami selaku pemerintah daerah harus memberikan jaminan kepada mereka ketika terjadi risiko.

Ia berharap melalui program Jamsostek ini masyarakat bisa maju, sejahtera, aktif, produktif, religious dan terdidik seperti yang tertuang dalam visi Pemerintah Kota Gorontalo.

Contohnya jaminan masa depan, yakni jaminan apabila terjadi risiko apalagi kalau dia sebagai kepala keluarga. Jaminan ketika dia memasuki masa tua atau tidak produktif lagi.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Gorontalo, Hendra Elvian menambahkan sebelum penandatanganan MoU ini pihaknya telah membahas bersama Sekda Kota Gorontalo, Bagian Hukum, dan Badan Keuangan.

"Dalam pembahasan sebelumnya itu, kita merumuskan bagaimana upaya dari Pemerintah Kota Gorontalo bisa melaksanakan program Jamsostek di wilayah ini," ucap Hendra.

Ia berharap kedepan dengan adanya MoU ini bisa lebih baik lagi dalam pelaksanaan program BPJS Ketenagakerjaan di Kota Gorontalo. Karena program BPJS Ketenagakerjaan ini sangat bermanfaat sekali bagi peserta.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021