Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengajak warga membudayakan disiplin protokol kesehatan (prokes) dalam upaya mencegah penularan COVID-19.

"Disiplin prokes perlu dibudayakan, agar tidak ada warga yang lalai lupa memakai masker, lupa cuci tangan dengan sabun di air mengalir, apalagi lupa untuk tetap menjaga jarak saat berada di tempat umum," kata Anggota Komisi II DPRD Gorontalo Utara, Gustam Ismail di Gorontalo Utara, Senin.

DPRD berharap seluruh elemen masyarakat khususnya pemerintah setempat, untuk tetap menggaungkan penerapan disiplin prokes agar dapat membudaya.

"Kita terapkan gaya hidup sehat melalui budaya disiplin prokes, agar penularan virus ini benar-benar terputus," katanya.

Apalagi data Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Provinsi Gorontalo, menyebut tidak ada penambahan kasus baru positif COVID-19 di daerah ini.

"Alhamdulillah, kita mampu bertahan menjadi daerah zona hijau dengan kasus aktif positif COVID-19 adalah nol hingga saat ini," katanya.

Semoga, kata dia lagi, kondisi itu dapat terus bertahan.

DPRD pun berharap capaian vaksinasi COVID-19 di daerah itu, dapat terus menanjak.

Hingga saat ini, persentase capaian yaitu 82,39 persen atau 82.315 sasaran untuk dosis 1, 2 dan 3, yang tergolong memuaskan.

Namun diharapkan percepatan realisasi vaksinasi COVID-19 dapat digenjot lagi.

"Mengingat kita sudah berada di pertengahan November, dengan target vaksinasi COVID-19 mencapai 99.908 sasaran. Diharapkan target tersebut mampu tercapai pada 1 Desember 2021," katanya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021