Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo meminta agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk peka menanggapi kepentingan publik di daerah itu.

"ASN merupakan abdi negara, mengemban amanah membangun daerah maupun negara," ujar Nelson usai Apel Korpri di halaman kantor Bupati Gorontalo, Kamis.

Ia mengatakan, saat ini ada kurang lebih 10 juta Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 3,7 juta non PNS yang diberi kepercayaan untuk menyelenggarakan pemerintahan. Jumlah itu sangat signifikan jika dibandingkan dengan penduduk Indonesia.

"Bila dibandingkan dengan jumlah penduduk, beberapa persen yang diberi kepercayaan oleh rakyat," ungkap Nelson.

Sebagai contoh kata Nelson, saat ini sebagian masyarakat di wilayah Kabupaten Gorontalo tengah mengalami musibah karena terendam banjir. Kondisi itu menuntut kepekaan ASN, bagaimana melakukan tindakan penyelesaian terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat.

"Oleh karena itu, kepercayaan ini perlu dipertanggungjawabkan. Alhamdulilah, di Kabupaten Gorontalo semenjak saya dengan pak Hendra menjabat Bupati dan Wakil Bupati, beberapa hal telah dirumuskan, yakni, RPJMD 2021-2026, menjadi pedoman membangun daerah lima tahun ke depan," ungkapnya.

Ia menegaskan RPJMD tersebut perlu untuk dipelajari dan ditindaklanjuti, termasuk penyusunan APBD tahun 2022 yang segera rampung.

ASN Kabupaten Gorontalo pun diharapkan akan mengimbangi instrumen pembangunan yang mengangkat tagline dua kali lebih baik membangun Kabupaten Gorontalo.

"Sehingga pengabdian kepada daerah lebih ditingkatkan, sebagaimana tagline kami bekerja dua kali lebih baik. Ini dapat terwujud di dalam tugas masing – masing," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021