Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Gorontalo, Budi Widihartanto usai kegiatan itu, Kamis, mengatakan kegiatan tersebut merupakan tahap lanjutan pembentukan TP2DD di Provinsi Gorontalo.

Kegiatan itu yang juga dibarengi program Gerakan QRIS UMKM di Kabupaten Gorontalo Utara, percontohan QRIS Pasar Tradisional, QRIS di lingkungan Pemerintahan Gorontalo Utara, dan QRIS di objek wisata.

"Pembentukan TP2DD ini merupakan realisasi dari arahan Presiden Republik Indonesia melalui Keppres No. 3 Tahun 2021 yang menetapkan Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah.," ujar Budi.

Keppres tersebut memuat mandat untuk membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten dan Kota.

Lebih lanjut, keberadaan TP2DD kata Budi, sebagai wadah koordinasi yang dikembangkan melalui harmonisasi kebijakan dari pusat ke daerah serta antardaerah diharapkan dapat menjadi sarana untuk mendukung pencapaian percepatan dan perluasan digitalisasi transaksi pemerintah.

“Kami sangat mengapresiasi langkah Kabupaten Gorontalo Utara yang sudah membentuk TP2DD kabupaten Gorontalo Utara yang rencananya akan di luncurkan oleh Bapak Bupati hari ini," ungkapnya.

Budi berharap Kabupaten Gorontalo Utara dapat memberikan kontribusi optimal dalam percepatan dan perluasan digitalisasi di Kabupaten Gorontalo Utara.

"Sejalan dengan pembentukan TP2DD Kabupaten Gorontalo Utara, kami Bank Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara menyiapkan beberapa program unggulan untuk membentuk ekosistem QRIS sebagai langkah awal guna mendorong terciptanya percepatan dan perluasan digitalisasi transaksi," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021