Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Gorontalo menggelar latihan gabungan bersama lintas sektor TNI, Polri, Pemadam kebakaran dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) di Kota Gorontalo, Selasa. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Gorontalo, I Made Junetra usai kegiatan itu mengatakan pihaknya terus berupaya dalam mengoptimalkan pelayanan masyarakat.

Pelatihan bersama itu kata I Made digelar sebagai upaya peningkatan layanan pertolongan pertama bagi korban kecelakaan lalu lintas jalan.

"Dalam rangka menyambut hari ulang tahun Basarnas yang ke-50, kami SAR Gorontalo kolaborasi dan civitas terkait TNI-Polri, dan juga Pemda setempat, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Gorontalo,” kata I Made.

Ia menjelaskan, sebanyak 40 peserta dari tim gabungan dilatih untuk memberikan pertolongan di tempat ketinggian dan juga korban yang berada dalam jurang.

Kegiatan pelatihan itu katanya berlangsung selama satu hari penuh. Tim SAR Gorontalo menyediakan tempat latihan simulasi kecelakaan yang membahayakan nyawa agar bisa ditangani dengan cepat. 

"Teknik pertolongan di ketinggian, di jurang, dan kecelakaan jalan raya. Kami berharap dengan adanya latihan simulasi ini, jika terjadi hal-hal yang membahayakan nyawa manusia. Bisa segera ditangani dengan ilmu yang didapat," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022