Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melalui Dinas Lingkungan Hidup, Pertanahan, dan Perhubungan, melaksanakan aksi bersih-bersih sampah dan penanaman bibit pohon untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2022.

Aksi bersih-bersih sampah dan penanaman bibit pohon aliander yang dilaksanakan pada Sabtu di wilayah Bone Pesisir, Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, melibatkan pasukan petugas kebersihan, aparat pemerintah, serta mahasiswa.

Usai aksi bersih-bersih dan penanaman pohon, Wakil Bupati Bone Bolango Merlan Uloli mengajak warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan penghijauan.

"Saya sudah memulai dengan teman-teman penanaman pohon aliander mulai dari pintu masuk menuju Kabila Bone. Saya berharap mudah-mudahan pohon aliander yang kita tanam ini hidup dan penanamannya saya harapkan dapat diteruskan," katanya.

"Kalau ini tumbuh, orang yang masuk Kabila Bone itu sudah disambut oleh bunga aliander," ia menambahkan.

Dia mengimbau warga membantu menjaga dan merawat bibit pohon yang sudah ditanam untuk memperindah wilayah.

"Jika ini diseriusi, saya yakin orang yang menuju Batubarani, Botutonuo, Molotabu, dan lain sebagainya semua akan berdecak kagum," kata Merlan.

Ia menambahkan, rencana penanaman bibit pohon aliander sebenarnya sudah dibahas delapan bulan lalu, tetapi baru bisa dilaksanakan hari ini.

"Andai delapan bulan yang lalu langsung tanam, maka pasti sudah berbunga. Tapi tidak ada kata terlambat," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022