Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, terus mendorong pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam upaya meningkatkan pendapatan asli desa (PADes).

Hal itu dikatakan Pelaksana tugas Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, di Gorontalo, Selasa, terkait tata kelola desa baik penyelenggaraan pemerintahan desa terutama melalui pengelolaan Bumdes.

Ia mengatakan, momen Hari Ulang Tahun ke-15 kabupaten tersebut menjadi semangat bagi pemerintahan daerah untuk lebih membangun keberhasilan dan kemajuan dimulai dari desa.

Khusus pengelolaan Bumdes katanya, sangat diyakini akan memperkuat pendapatan masyarakat dan berdampak pada penguatan fiskal.

"Karena itu Bumdes menjadi perhatian utama dalam penataan desa untuk mencapai kesejahteraan masyarakat," katanya.

Hingga Tahun Anggaran 2022 kata Thariq, telah ada empat Bumdes yang mulai menunjukkan keberhasilan melalui peningkatan tren pendapatan.

"Usaha ini akan terus didorong termasuk diharapkan menjadi semangat bagi desa lainnya untuk meningkatkan pengelolaan Bumdes yang lebih baik dan produktif," imbuhnya.

Bumdes yang telah berhasil dalam meningkatkan pendapatan pun diharapkan membagi ilmu dan tata kelola yang berhasil diterapkan kepada Bumdes lainnya untuk mencapai keberhasilan yang sama atau bahkan melampaui.

Thariq mengatakan, pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah akan terus mendorong pengelolaan Bumdes memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di desa.

"Semuanya tersedia di desa. Apalagi sumber daya manusia yang diharapkan mampu bersama-sama memiliki cita-cita memajukan desa di antaranya melalui pengelolaan Bumdes yang lebih baik, produktif, fokus dan maju," imbuhnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022