Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Deisy Sandra Maryana Datau, mengaku optimistis pelaksanaan Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah di daerah itu berlangsung aman dan lancar.

"Bersyukur sejauh ini keamanan dan ketertiban daerah dapat terjaga dengan baik. Masyarakat dapat menjaga kerukunan antarumat beragama dengan baik dan melaksanakan ibadah dengan kondusif," katanya, di Gorontalo, Jumat.

Ia optimistis pelaksanaan Lebaran Idul Fitri di daerah itu dapat berlangsung aman dan lancar, termasuk arus mudik yang melewati lintas Sulawesi di sepanjang daerah itu.

Namun DPRD kata dia, berharap pemerintah daerah setempat dapat ikut mengantisipasi lonjakan arus mudik kendaraan.

Seperti menambah personel baik dari Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta dari organisasi perangkat daerah terkait lain untuk ditempatkan di pos pengamanan yang dibangun pihak Kepolisian bersama TNI.

"Kita memperkuat pengamanan tersebut untuk meningkatkan stabilitas keamanan daerah di lintas Sulawesi yang dilalui kendaraan dari dan ke Kota Gorontalo maupun daerah lainnya di Pulau Sulawesi," katanya lagi.

DPRD pun mengapresiasi langkah pemerintah daerah yang membuka pasar senggol di pasar Ombulodata, Kecamatan Kwandang.

"Ini merupakan bentuk antisipasi kemacetan di lintas Sulawesi sehingga pasar senggol bisa diarahkan ke lokasi yang lebih aman dan nyaman bagi pedagang dan masyarakat untuk berbelanja keperluan Lebaran Idul Fitri," katanya.

DPRD mengajak seluruh masyarakat kata dia, untuk kerja sama dalam mengamankan daerah ini selama perayaan Lebaran Idul Fitri.

Termasuk mengantisipasi peningkatan arus mudik lintas Sulawesi yang potensial terjadi pada H-1 lebaran," imbuhnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022