Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) Lanjutan yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) setempat.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo telah memerintahkan seluruh Camat, Lurah hingga Kepala Desa untuk mensosialisasikan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan tersebut.

"Kegiatan ini akan digelar Badan Pusat Statistik Kabupaten Gorontalo mulai 15 Mei hingga 31 Juni 2022," ujar Nelson di Gorontalo, Kamis.

Sosialisasi pelaksanaan SP lanjutan kata Bupati, bertujuan untuk mendukung perolehan data demografi yang akurat, karena informasinya akan membantu Pemerintah Daerah menetapkan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran.

"Guna memperoleh barometer demografi serta informasi penting lainnya dalam menghasilkan indikator SDGS dan RPJM bidang kependudukan," jelas Nelson Pomalingo.

Di sisi lain, pelaksanaan SP Lanjutan yang akan dilakukan para petugas BPS selama satu setengah bulan itu diharapkan disambut dengan dukungan masyarakat, ujarnya.

"Sebab waktu pelaksanaan sensus penduduk ini hanya satu bulan lebih, jadi menurut saya butuh strategi, komunikasi, dan sosialisasi. Masyarakat punya kesadaran untuk menyampaikan data akurat," ucap Nelson.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Gorontalo Awaludin Kurusi, mengatakan, kegiatan SP2020 Lanjutan akan diawali dengan pembaruan data rumah tangga mulai tanggal 15 - 3 Mei, sedangkan pendataan lapangan di mulai dari tanggal 1 Juni - 31 Juni Tahun 2022.

"Mengingat pentingnya informasi akan dihasilkan maka kami meminta dukungan kepada Bupati Gorontalo bersama jajaran Pemkab Gorontalo dapat membantu mensosialisasikan sensus penduduk dan mengimbau masyarakat menerima petugas serta memberikan infromasi yang benar," harap Awaludin.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022