Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Gorontalo, Sumarni Panikkai mengatakan pihaknya siap mengembangkan komoditas pertanian seperti padi, jagung, tanaman perkebunan dan produksi ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB).

"Teknologi inovasi yang ada di BPTP akan tetap saya lanjutkan dari pejabat terdahulu," ujar Sumarni usai Lepas Sambut pimpinan BPTP di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Rabu.

Ia menjelaskan, varietas unggul di daerah itu akan terus dikembangkan dan dikenalkan di seluruh kabupaten dan kota se Provinsi Gorontalo.

"Inovasi teknologi sudah ada dan perlu ditingkatkan dan dikembangkan," kata Sumarni.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) Priatna Sasmita meminta agar Kepala BPTP yang baru, Sumarni Panikkai dapat meneruskan tongkat estafet dari pimpinan sebelumnya, Amin Nur.

"Balai Pengkajian Teknologi Pertanian di Gorontalo tugasnya adalah menyiapkan teknologi dan inovasi pertanian, tentunya kita tahu bahwa teknologi dan inovasi itu tentu perlu dikaji atau disesuaikan atau diadaptasikan," ucap dia.

Menurutnya, inovasi dan teknologi tidak bisa ditempatkan di semua tempat, yang artinya harus menyiapkan teknologi yang spesifik lokasi khusus untuk komoditas di Provinsi Gorontalo.

"Program yang ingin kami harapkan dari pelaksanaan ini bisa mendukung percepatan program pembangunan pertanian terkait dengan peningkatan produktivitas komoditas tanaman pangan dan tanaman lainnya," harap Priatna.

Seperti komoditas padi, jagung kemudian ada perkebunan atau komoditas lainnya yang sudah dikembangkan di Provinsi Gorontalo, tetapi produktivitasnya belum maksimal.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022