Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango melakukan penanaman 5.000 pohon aren dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup di Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Ahad.

Aksi penanaman 5.000 pohon aren tersebut mengangkat tema Only One Earth, Satu Bumi Untuk Masa Depan yang selain melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemerintah Kecamatan dan Desa, serta masyarakat setempat.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou usai kegiatan itu mengungkapkan, aksi penanaman ribuan pohon aren ini, adalah bagian dari usaha pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bone Bolango untuk melestarikan bumi, yaitu dengan melakukan usaha-usaha konservasi atau perlindungan.

Hamim mengatakan, pohon aren jika diolah, dapat menghasilkan gula merah dan menjadi salah satu produk gula merah terbaik di Indonesia. Masyarakat di wilayah Kecamatan Bulango Ulu, sudah sejak lama menggantungkan pendapatannya dari gula aren tersebut yang berasal dari pohon aren.

Oleh karenanya, lanjut orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Bone Bolango ini, usaha-usaha penanaman dan budi daya pohon aren seperti ini perlu dilakukan, karena selama ini kita hanya menerima warisan bahkan jangan-jangan pohon aren ini hanya tumbuh karena bantuan alam.

"Maka lewat penanaman secara terencana seperti ini, diharapkan pohon-pohon aren ini tetap lestari dan jumlahnya terus  bertambah," kata Hamim, Bupati Bone Bolango dua periode itu.

Apalagi ini, lanjut dia, penanaman ribuan pohon aren ini dalam kaitan adanya kegiatan proyek strategis di Gorontalo, khususnya di Bone Bolango, yaitu pembangunan Waduk Bulango Ulu. Bisa saja ada ratusan pohon aren yang hilang terdampak pembangunan waduk tersebut. Maka sebagai penggantinya, kita harus menanam kembali pohon aren tersebut.

"Tentu ini juga merupakan bagian dari keinginan dan upaya kita untuk mewariskan lingkungan yang lebih baik ke masyarakat, karena pohon aren ini sebagai perlindungan, kelestarian hijauan dan juga untuk meningkatkan pendapatan masyarakat," bebernya.

Oleh karenanya, Hamim pun berharap penanaman pohon aren akan diikuti oleh masyarakat dalam jumlah yang lebih besar lagi.

"Saya perkirakan di sini ada puluhan ribu pohon aren yang kita harapkan kedepan akan terus bertambah lewat kegiatan-kegiatan penanaman yang terencana seperti ini," ujar Hamim Pou

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022