Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S Uloli, mendorong pendirian toko suvenir sulaman khas Gorontalo yaitu kain sulam Karawo, di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Hal itu disampaikan Merlan usai menghadiri peluncuran Kharisma Event Nusantara Provinsi Gorontalo, Gorontalo Karnaval Karawo 2022, di Grand Palace Convention Centre, Kota Gorontalo, Selasa.

Kegiatan yang menyajikan peragaan busana Karawo serta produk UMKM itu menarik perhatian Wakil Bupati Bone Bolango itu. Ia mengungkapkan rasa bangga usai menyaksikan sendiri penampilan peragaan busana Karawo.

Setelah menyaksikan kegiatan tersebut, Merlan yang juga Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Bone Bolango bertekad untuk membangun toko suvenir Karawo sebagai pusat oleh-oleh di Kabupaten Bone Bolango.

"Banyak perajin karawo di Bone Bolango namun tidak banyak yang mengetahuinya, makanya itu kita harus punya toko suvenir Karawo sebagai pusat oleh-oleh di Bone Bolango," ujarnya.

Merlan mengaku bangga setelah menyaksikan sendiri penampilan peragaan busana Karawo dan menyarankan agar karnaval dari kegiatan tersebut lebih menarik jika dibuat di ruangan terbuka agar bisa disaksikan banyak orang.

Sebelumnya Pejabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mengatakan pelaksanaan Festival Karawo harus memberi manfaat bagi masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Ia berharap ekspansi Karawo sebagai kain sulaman khas Gorontalo itu bisa lebih luas dan dilestarikan dari generasi ke generasi.

“Saya beberapa kali acara di Jakarta menerima penghargaan bersama Pak Sekda mengenakan corak Karawo di sana termasuk Kopiah Karanji juga yang merupakan original produksi di Gorontalo. Beberapa daerah menanyakan dan memuji produk ini. Jadi teman-teman sekalian perlu ekspansi lebih luas untuk bisa mengenalkan Karawo di luar sana,” kata dia saat membuka Festival Karawo di Gedung GPCC Kota Gorontalo.

Di samping untuk mendorong ekonomi kreatif, kegiatan ini juga banyak melibatkan UMKM sehingga bisa memberikan kontribusi terhadap pariwisata dan geliat perekonomian di daerah.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022