Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo memamerkan berbagai produk hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Legal Expo tahun 2022 di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Kamis.

Legal Expo 2022 memamerkan produk kerajinan tangan dan olahan makanan dari seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo.

Diantaranya Badan Pemasyarakatan (Bapas), Rupbasan, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), Lapas Gorontalo, Lapas Perempuan, Lapas Boalemo, Lapas Pohuwato.

"Yang membuat produk di sini adalah warga binaan pemasyarakatan dan dipasarkan," ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Bagus Kurniawan.

Produk yang dipamerkan yaitu makanan olahan, kaligrafi, kerajinan tangan berbahan sabut kelapa, cetak kaos, minyak goreng, rak dinding dan lainnya.

Ia menjelaskan, untuk bahan baku kerajinan dan makanan olahan, disediakan oleh pihak Lapas dan diberikan kepada warga binaan yang sebelumnya sudah diberikan pelatihan.

"Untuk pelatihan kita bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan hingga Balai Latihan Kerja," ucap dia.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo Heni Susila Wardoyo pameran Legal Expo diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan penjualan produk UMKM.

Legal Expo merupakan salah satu kegiatan Kanwil Kemenkumham Gorontalo dalam rangka menyambut HUT Republik Indonesia dan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) ke-77 Kemenkumham tahun 2022.

 
Produk hasil olahan makanan dan minyak goreng dipamerkan pada Legal Expo tahun 2022 di stand Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pohuwato di halaman Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Kamis (11/8/2022). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022