Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menyerahkan sejumlah bantuan pertanian kepada kelompok tani, yang berada di Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo, Senin.

Bantuan yang diserahkan berupa sepeda motor untuk berjualan sayur untuk lima kelompok tani, bantuan produk hortikultura sebanyak 120 paket, bantuan bibit ternak sapi, bantuan sarana dan prasarana tata niaga peternakan, satu unit kontainer nitrogen cair, dan bantuan bibit ayam DOC.

Ada pula bantuan rehabilitasi jaringan irigasi tersier, serta bantuan pembangunan embung peternakan dan embung pertanian.

“Saya mohon bantuan ini digunakan  dengan sebaik-baiknya. Bantuan ini seharusnya bisa membantu para petani, serta warga yang bergerak di dunia usaha,” kata Hamka usai menyerahkan bantuan tersebut di kantor Dinas pertanian Provinsi Gorontalo.

Gubernur juga mengapresiasi seluruh unsur seperti petani, gapoktan, dan  pihak lainnya yang telah mendukung pelaksanaan program pembangunan pertanian di Gorontalo.

Hamka berharap para petani meningkatkan kualitas dan kuantitas, sehingga hasil produksi dapat dipasarkan ke luar daerah atau bahkan dapat mengisi pasar ekspor.

“Warga Gorontalo konsumsi cabe terbesar. Harga cabe di Gorontalo pernah melonjak sampe 120 ribu/kilogram, jauh lebih mahal dari harga beras,” katanya.

Menurutnya komoditi cabe adalah yang paling banyak diincar warga, saat pihaknya menggelar pasar murah di berbagai lokasi.

“Karena itu kami pemerintah melakukan gerakan masyarakat menanam cabe. Pekarangan rumah yang kosong bisa untuk menanam cabe atau tanaman pangan lainnya yang bisa memenuhi kebutuhan dalam skala kecil,” ujarnya.

Selain bantuan pertanian, Pemprov Gorontalo menyerahkan bantuan penghargaan teladan pertanian tingkat Provinsi Gorontalo kepada empat orang petani yang berasal dari Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo.

Ia juga penyerahan tunjangan untuk P3K Dinas Pertanian sebesar Rp16 juta untuk 16 orang selama 10 bulan.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022