Ribuan warga di Desa Posso, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, menikmati delapan komoditas pangan dengan harga murah karena disubsidi Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Melalui pasar murah, beras dijual dengan harga Rp5.000 per kilogram, gula Rp10.000 per kilogram, minyak goreng Rp10.000 per liter, telur Rp10.000 per paket isi10 butir, ikan tuna Rp20.000 per 500 gram, bawang merah dan bawang putih dengan harga Rp5.000 per kilogram.

“Meskipun antre, kami senang dengan pasar murah ini. Semua dijual dengan harga sangat murah, jauh di bawah harga pasar,” kata salah seorang warga, Maryam, Jumat.

Maryam datang bersama tetangganya dan  mengantre kupon sejak pagi, untuk membeli paket komoditas pangan yang tersedia.

Setiap pasar murah bersubsidi digelar, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag) Provinsi Gorontalo menyebarkan 2.500 kupon.

Bagi pemerintah, pasar murah bersubsidi ini dilakukan untuk meredam gejolak harga kebutuhan pokok menjelang perayaan hari besar keagamaan dan tahun baru.

"Selama ini kami sudah menggelar pasar murah di 8 lokasi, di Desa Posso, Kecamatan Kwandang, ini merupakan pasar murah yang ke-9," kata Kepala Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo Risjon Sunge.

Risjon menjelaskan menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2023,  harga kebutuhan pokok cenderung naik dipicu oleh peningkatan permintaan masyarakat.

“Pemerintah sudah menganggarkan kebutuhan pasar murah melalui subsidi harga barang yang didistribusikan kepada masyarakat,” katanya.

Risjon mengungkapkan instansinya  akan terus menyalurkan kebutuhan bahan pokok yang telah disubsidi kepada masyarakat hingga akhir tahun.

Masih ada delapan lokasi lagi yang akan menjadi lokasi pasar murah Pemprov Gorontalo.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022