Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer meminta seluruh pimpinan OPD untuk menggenjot serapan anggaran menjelang akhir tahun 2022,

Hamka melakukan koordinasi dengan seluruh pimpinan OPD di rumah dinas, Sabtu, untuk memastikan serapan anggaran tahun ini bisa lebih maksimal.

Ia menjelaskan penyerapan anggaran Pemprov Gorontalo sampai dengan 9 Desember sebesar 76,98 persen, yang berati masih di bawah target yang diharapkan pada November 2022 yakni 80 persen.

“Banyak program atau kegiatan yang belum terlaksana sesuai target. OPD yang belum melampaui target, sebelum tanggal 15 Desember harus bisa capai 80 persen. Tentu ini perlu kerja ekstra dari pimpinan OPD, tolong setiap hari dipacu serapan anggarannya,” kata Hamka.

Menurutnya, untuk meraih angka 80 persen dibutuhkan penggunaan anggaran sekitar Rp61 miliar.

Adapun beberapa OPD yang masih menyisakan anggaran yang cukup besar adalah Dikbudpora, Dinas PUPR, Badan Keuangan, Dinas Kesehatan dan Sekretariat DPRD.

Selain itu ada RS Ainun Habibie, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kominfo dan Biro Umum.

“Contohnya PU dan Dikbudpora segera percepat paket pekerjaan, baik yang bersumber dari dana APBD, DAK dan APBD-P, maupun paket pekerjaan yang dibiayai melalui PEN. Jika ada hal-hal yang krusial segera selesaikan, sehingga serapan anggaran dapat di optimalkan,” ujar Hamka.

Ia berharap serapan anggaran Pemprov Gorontalo bisa maksimal, dengan pelaksanaan program yang tepat sasaran.*

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022