Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, membentuk kualitas generasi muda berkarakter dengan mengasah kemampuan, jiwa kepemimpinan dan keterampilan.

"Ini menjadi target kita dalam 2 tahun ke depan, untuk mewujudkan anggota Pramuka sebagai generasi emas daerah ini yang mampu berkarya dengan karakter yang kuat," kata Ketua Kwarcab Pramuka Gorontalo Utara terpilih, Irwan Abudi Usman, di Gorontalo, Minggu.

Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara tersebut, terpilih dalam Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscalub) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gorontalo Utara, Tahun 2022, menggantikan ketua sebelumnya, mantan Sekretaris Daerah setempat, Ridwan Yasin, yang telah mengundurkan diri, serta melanjutkan kepemimpinan periode 2019 hingga 2024.

Irwan mengatakan, Gerakan Pramuka memiliki peran besar dan strategis dalam mendukung lahirnya generasi muda berkarakter.

Sehingga program dalam kegiatan pramuka daerah ini, harus sinergi dengan pelaksanaan kurikulum pendidikan yang berjalan.

"Saya akan melakukan beberapa pengisian struktur kepengurusan Kwarcab Pramuka Gorontalo Utara yang kosong, serta melakukan beberapa penyegaran. Dengan harapan, seluruh pengurus dapat melaksanakan program dengan optimal," katanya.

Kegiatan pramuka sebagai salah satu ekstrakurikuler di seluruh satuan pendidikan yang ada, juga diharapkan terus aktif.

Khususnya dalam mendorong keikutsertaan peserta didik menjadi anggota pramuka, agar dapat diasah menjadi pribadi mandiri yang mudah bergaul, rajin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Serta yang terpenting adalah, memiliki jiwa yang kuat, mampu bekerjasama, mandiri, dan jujur.

Irwan menambahkan, akan terus melaksanakan nilai-nilai dalam revolusi mental di setiap kegiatan pramuka melalui beragam aksi nyata.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022